Beranda Berita Utama White Crime Cyber Crime EkBis Reskrim Opini
Politik Eksekutif Legislatif Pemilu Gaya Hidup Selebriti Nusantara Internasional Lingkungan Editorial
   
Untitled Document
   



 Berita Utama >
   
Menkes Dukung Kenaikan Cukai Rokok
Banjir Kutai Timur Renggut 22 Ribu Jiwa
Pemda Aceh Utara Prioritaskan Pembangunan Jembatan Gantung
Ramalan Megawati: Insya Allah Jokowi Menang
Pagar DPR Jebol, Massa Siap Serbu Ruang Paripurna
KY Segera Tuntaskan Kajian Vonis Bebas Pengadilan Tipikor

  Berita Terkini >>
   
Aspek Politik Akan Ganjal Fase Dua Pembangunan PLTN
MK Tolak Gugatan Kubu Prabowo, Jokowi-JK Sah Jadi Presiden/Wapres 2014-2019
Sambut Fase Dua Pembangunan PLTN Menristek Terima Deputi IAE
Kapal Perang dan Terjun Payung Siap Meriahkan Puncak Acara Sail Raja Ampat 2014
Residivis Terlibat Jaringan Peredaran Sabu Seberat 6,5 Kg
Mobil Google Lampaui Batas Kecepatan

Untitled Document Untitled Document



Untitled Document

SPONSOR & PARTNERS






















BeritaHUKUM.Com

    Berita Utama
Aspek Politik Akan Ganjal Fase Dua Pembangunan PLTN | Friday 22 Aug 2014 00:41:08
 
Jumpa pers usai pertemuan pembahasan pembangunan PLTN oleh Kementerian Ristek diwakili Kepala Batan bersama Deputi IAEA dan Deputi Bapeten, Kamis (21/8).(Foto: BH/boy)
JAKARTA, Berita HUKUM - Fase dua pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) hingga akhir tahun 2014 dan 2015 dinilai Djarot Sulistio Wisnubroto selaku Kepala BATAN akan tersendat jika aspek politik bercampur. Pasalnya menurut Djarot pada fase tersebut, yaitu persiapan pelaksanaan konstruksi PLTN diperlukan tim nasional yang solid dan satu suara.

“Jika pada fase ini sudah dipolitisir maka kita tidak akan pernah bisa punya PLTN. Selain itu belum adanya perangkat hukum guna mengelola sumber Uranium akan semakin mempersulit keadaan. Karenanya saya mengingatkan agar fase ini harus didukung penuh, mengingat tentang rencana pembangunan jangka panjang nasional terkait energi,” papar Djarot pada Berita Hukum, Kamis (21/8) di Jakarta.

Pada kebijakan terkait energi telah dinyatakan dalam Kebijakan Energi Nasional disebutkan bahwa energi nuklir akan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik pada tahun 2015-2019 pun kebijakan tersebut didukung oleh Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan UU Nomor 10 Tahun 1997 Tentang Ketenaganukliran. Hanya saja hingga saat ini semua perangkat hukum tersebut kini menjadi bumerang, khususnya bagi BATAN dan stakeholder terkait.

“Hal itu memang dilema, namun saya yakin jika pemerintah mendatang fokus membenahi soal energi khususnya tenaga nuklir, fase ke dua lanjut fase ke tiga atau fase terakhir (kesiapan infrastruktur untuk implementasi pembangunan) dapat dilaksanakan,” urai Djarot.

BAPETEN Awasi Tiga Aspek Keselamatan dan Keamanan

Dalam kesempatan yang sama, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menyatakan kesiapan guna mengawasi dan mendukung pembangunan PLTN. Deputi Bidang Pengkajian Keselamatan Nuklir (Bapeten) Khoirul Huda menyampaikan tiga aspek fungsi Bapeten dalam pembangunan PLTN tersebut. “Saya ingin menggaris bawahi bahwa Bapeten dalam hal ini mengawasi tiga aspek, yaitu aspek keselamatan, aspek keamanan nuklir dan aspek save guard yang kini sedang kami lakukan bersama Internasional Atomic Energy. Ketiga aspek ini tentu terkait dalam penjabaran UU Ketenaganukliran, papar Khorul Huda.

Ditahun mendatang BATAN berencana untuk membangun reaktor nuklir di Serpong. Reaktor yang dibangun adalah reaktor daya eksperimen, bukan reaktor nuklir komersial. Dengan anggaran 1,6 Triliun Rupiah diharapkan reaktor ekperimen ini dapat membuat masyarakat mengetahui bagaimana caranya menghasilkan listrik melalui tenaga nuklir.

“Rencana kapasitas terpasang adalah 30 Megawatt. Namun bukan untuk tujuan komersil. Intinya memperlihatkan bahwa ekperimen ini aman dan melalui energi nuklir, listrik dapat terpenuhi,” pungkas Djarot.

Kini anggaran 1,6 Triliun tersebut sudah masuk pada Bapenas. Penentuan final akan renacana itu tentunya ada pada pemerintah yang baru.(bhc/mat)


Bookmark and Share
 

Bara Hasibuan: Unggul Debat Cawapres, Elektabilitas Prabowo – Hatta Unstoppable | Monday 30 Jun 2014 16:10:26

JAKARTA, Berita HUKUM - Tim Sukses Prabowo – Hatta, Bara Hasibuan mengatakan bahwa debat Cawapres yang berlangsung kemarin (29/6) menunjukkan keunggulan Hatta Rajasa dibandingkan dengan Jusuf Kalla. “Dari debat cawapres kemarin bisa dilihat siapa yang unggul. Performa Bapak Hatta sangat baik. Sangat jelas bahwa Bapak Hatta Rajasa sangat qualified s ...


Ada Apa Bupati Malinau Larang Warga Tuntut Ganti Rugi Lahan Bandara Long Ampung | Sunday 29 Jun 2014 22:14:48

SAMARINDA, Berita HUKUM - Kawasan Perbatasan oleh pemerintah yang dijadikan beranda terdepan bangsa seharusnya dengan perhatian ekstra dari pemerintah, dari segi fasilitas infrastruktur darat juga udara demikian juga dengan hak-hak warga masyarakat perlu diperhatikan, jangan dikebiri dengan melarang warganya untuk menuntut hak ganti rugi lahan warg ...


Persatuan Tionghoa Indonesia Raya Deklarasikan Dukungan Kepada Prabowo – Hatta | Saturday 28 Jun 2014 20:43:17

JAKARTA, Berita HUKUM - Hari ini, Jumat (27/6). Organisasi Sayap Partai Gerindra, Persatuan Tionghoa Indonesia Raya (PETIR) mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa di markas pemenangan Prabowo – Hatta, Rumah Polonia, Jakarta Timur.

Ketua Umum PETIR, Budi Cahyono mengatakan bahwa Gerindra
...


HAKI akan Dihadang Kendala Bahasa dan Huruf di Era AEC 2015 | Saturday 28 Jun 2014 19:57:39

JAKARTA, Berita HUKUM - Bahasa, Huruf dan Brand merupakan kendala yang akan menghantui Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Indonesia pada era Ekonomi Asean Community (AEC) 2015. Prediksi itu disampaikan Justisiari Perdana Kusumah, SH, MH, praktisi hukum dan juga Managing Partner K & K Advokat di Jakarta, (27/6).

Menurut Justisiari, resep mengantisi
...


Farhan Hamid: Kini 2 Jenderal Saling Mendukung | Saturday 28 Jun 2014 18:50:32

ACEH, Berita HUKUM - Timses Pemenangan Nasional Dr. Ahmad Farhan Hamid untuk Prabowo Subianto – Hatta Rajasa menyebutkan 2 mantan Jenderal saling mendukung, hal tersebut di ungkapkan saat berpidato politik pada acara Deklarasi dukungan terhadap pasangan No urut 1 Prabowo-Hatta di kota Langsa, Aceh.

Farhan menyebutkan, Muzakir Manaf (Mualem) mant
...


SPBUN PTPN I Aceh Siap Memenangkan Capres No 1 Prabowo Hatta | Saturday 28 Jun 2014 18:20:55

ACEH, Berita HUKUM - Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) PTPN I (Persero) Aceh siap memenangkan Prabowo – Hatta untuk calon Presiden RI 2014 – 2019 dengan mendeklarasikan pada, Jum,at (27/6) malam di lantai 3 Hotel Harmoni Jalan Jend. Ahmad Yani Kota Langsa, Aceh.

Acara yang diikuti sekitar 3 ratusan karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terse
...



<< First < Previous Next > Last >>

   
BeritaHUKUM.Com
Beranda | Tentang Kami | Hubungi | Redaksi | Partner | Karir | Info iklan | Disclaimer | Mobile
|
Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com


BeritaHUKUM.Com
Silahkan Kirim Berita & Informasi Anda ke: info@beritahukum.com