Beranda | Berita Utama | White Crime | Cyber Crime | EkBis | Opini | INDEX Berita
Eksekutif | Legislatif | Gaya Hidup | Selebriti | Nusantara | Internasional | Lingkungan
Politik | Pemilu | Peradilan | Perdata| Pidana | Reskrim
Gaya Hidup    
Hobi
Harganya Bisa Selangit
Thursday 21 Jul 2011 11:5
 

Istimewa
 
Hobi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres, menyenangkan diri sendiri dengan melakukan aktivitas ringan yang disukai seperti nonton film, membaca buku, dan koleksi barang antik dan kuno.

Tapi untuk hobi yang terakhir ini, hanya sedikit orang yang menggelutinya. Sebab, selain memerlukan keseriusan, juga harus memiliki ketekunan tersendiri. Bahkan, untuk yang satu ini ada yang membentuk komunitas untuk saling berkumpul dan bertukar informasi, tentunya kalau memiliki hobi yang sama. Seperti komunitas kolektor perangko, komunitas sepeda kuno dan masih banyak lagi. Komunitas-komunitas ini berdiri atas kesamaan hobi dan kebutuhan akan segala informasi akan hobi ini.

Koleksi Barang Antik
Mengoleksi barang antik kuno kuno, termasuk terapi efektif untuk menghilangkan kepenatan kerja, stres dan bisa mengalihkan sementara dari rutinitas yang membelenggu Anda. Mengumpulkan barang kuno atau antik merupakan bentuk lain dari merekonstruksi sejarah yang terlupakan pada masa lampau. Juga untuk mengetahui cerita di balik sebuah benda antik.

Kegiatan berburu barang antik kuno di pasar merupakan kegiatan yang paling mengasyikan, karena ini merupakan seni dalam proses mengumpulkan barang-barang antik kuno. Ketika Anda berhasil menemukan dan membeli barang yang Anda idamkan, timbul perasaan bangga dan prestise.

Sisi positif lainnya adalah sebagai investasi masa depan. Sebuah barang antik yang sudah diketahui kadar seni dan tingkat usianya, bisa dijual lagi dengan harga yang barang tentu akan mahal. Ada beberapa objek barang antik kuno yang biasa diburu kolektor dan penggemar barang antik, baik dalam negeri maupun luar negeri. Benda itu meliputi barang seni dan benda-benda fungsional yang telah berumur dan langka.

Lukisan
Sudah banyak diketahui bahwa barang seni yang banyak dikoleksi adalah lukisan, terutama dari lukisan yang dihasilkan dari goresan tangan seniman legendaris. Sunggu tepat jika Anda gemar mengumpulkan lukisan. Selain bisa dinikmati keindahannya, juga bisa dijadikan aset yang berharga.

Lukisan juga bisa dijadikan sebagai barang investasi karena setiap tahun pasti harga lukisan akan naik. Namun semua ini tergantung dari beberapa faktor. Contoh lukisan yang paling dicari adalah karyanya Affandi, Dullah, Raden Saleh, Mario Blanco, dan seniman lainnya.

Mobil Kuno
Mobil kuno merupakan benda-benda fungsional yang bisa dijadikan sebagai objek koleksi. Di Indonesia banyak sekali orang yang mengumpulkan mobil-mobil kuno untuk dikoleksi. Biasanya mereka mencari mobil antik baik dalam keadaan rusak, tak utuh lagi atau mobil dengan kondisi prima dengan mesin yang bisa dinyalakan.

Seni mengoleksi mobil ada pada kegiatan merekonstruksi ulang bodi, memperbaiki mesinnya, dan memoles lagi interior mobil yang rusak menjadi sebuah mobil antik yang bagus dan bisa dijalankan. Kebanggaan inilah menjadikan mobil kuno banyak dicari-cari kolektor. Jika Anda tertarik, siapkan dana yang tak terbilang kecil untuk hobi yang satu ini.

Di Indonesia banyak sekali perkumpulan penggemar mobil antik yang bisa Anda datangi untuk sekadar mencari informasi. Anda juga bisa mencarinya melalui iklan-iklan surat kabar dan situs yang menjual mobil idaman Anda.

Sepeda
Sepeda merupakan model transportasi yang termasuk tua. Sebelum sepeda diciptakan, sepeda terlebih dahulu sudah ada di jalan-jalan. Sepeda juga merupakan kendaraan yang banyak disukai oleh rakyat, selain bebas bahan bakar juga menyehatkan badan. Banyak yang menyukai sepeda maka ada berapa orang yang keranjingan mengoleksi kendaraan angin ini.

Sepeda klasik adalah yang paling banyak dicari kolektor. Nama akrabnya sepeda kumbang. Di pasaran, terdapat merek-merek sepeda kuno seperti Religh, Mustang, Gazelle, Banteng, dan lain sebagainya.

Sebetulnya masih banyak lagi barang antik kuno yang bisa Anda koleksi sebagai hobi saat senggang. Misalnya mengoleksi perangko/filateli, benda pusaka semacam keris, tombak, mata uang asing kuno dan lain sebagainya. Yang pasti barang antik kuno itu memliki nilai yang tinggi. Makan tua usia dan langka jenisnya, harganya bisa selangit. Bahkan, penjualannya dilakukan secara khusus di galeri lelang. (diolah dari berbagai sumber/ans)



 
   Berita Terkait > Hobi
 
  Harganya Bisa Selangit
 
ads1

  Berita Utama
Masa Berlaku SIM Habis, Polda Metro Jamin Tidak Akan Menilang Pengendara Sampai 30 Juni 2020

Layanan Dibuka Kembali, Polri Beri Dispensasi Waktu Perpanjangan SIM Bagi Masyarakat Sampai 29 Juni 2020

Lakukan Pembatalan Pemberangkatan Haji 2020 Sepihak, Menag dinilai 'Offside'

Polisi Sita 15,6 Gram Ganja dari Tangan Artis Berinisial DS

 

ads2

  Berita Terkini
 
FPI, GNPF-Ulama dan PA 212: Pemerintah Gagal Atasi Penistaan Agama dan TKA China

Din Syamsuddin: Narasi 'PKI Tidak Akan Bangkit' Itu Narasi Pendukung Komunis

Berprestasi, 3 Personel Ditlantas Polda Metro Jaya Raih Penghargaan dari Kapolda Nana Sudjana

Luamayan, Bisa Menonton Cara Kerja Akal Sehat di Amerika

Jack Boyd Lapian Laporkan Mantan Kliennya ke Polisi Atas Dugaan Tindak Pidana Penipuan

ads3
 
PT. Zafa Mediatama Indonesia
Kantor Redaksi
Jl. Fatmawati Raya No 47D Lt.2
Cilandak - Jakarta Selatan 12410
Telp : +62 21 7493148
+62 85100405359

info@beritahukum.com
 
Beranda | Tentang Kami | Partner | Disclaimer | Mobile
 
  Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com | V2