Beranda | Berita Utama | White Crime | Cyber Crime | EkBis | Opini | INDEX Berita
Eksekutif | Legislatif | Gaya Hidup | Selebriti | Nusantara | Internasional | Lingkungan
Politik | Pemilu | Peradilan | Perdata| Pidana | Reskrim
Politik    
Hari Raya Qurban
Hari Raya Idul Adha 2015, DPP PPP Memberikan 3 Usulan kepada Pemerintah
Thursday 24 Sep 2015 15:35:32
 

Tampak suasana perayaan Hari Raya Idul Adha 1436 H di kantor Pusat DPP PPP Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kami (24/9).(Foto: BH/mnd)
 
JAKARTA, Berita HUKUM - Pelaksanaan Perayaan Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah / Tahun 2015 Masehi, merupakan hari yang sakral bagi umat Islam di seluruh dunia. Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) dengan Ketua Umum PPP pimpinan Djan Faridz melaksanakan pemotongan hewan qurban untuk dibagikan kepada masyarakat, serta DPP PPP memberikan 3 usulan kepada pemerintah Indonesia, sebagai wujud kesadaran keberagamaan dalam membangun realitas sosial ekonomi masyarakat.

Inilah 3 usulan kepada pemerintah dari DPP PPP, diantaranya adalah:

Pertama (1), Pembangunan pasar hewan Halal yang representatif dan higenis, guna memenuhi kebutuhan hewan qurban, maupun untuk memenuhi hewan peliharaan yang dapat dipotong dan dikonsumsi dagingnya secara halal setiap hari, serta untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging bagi masyarakat.

Kedua (2), Mendorong lembaga perbankan dan lembaga keuangan masyarakat agar mengintrodusir tabungan hewan qurban syariah bagi masyarakat. Penyediaan jasa penyimpanan yang berfungsi untuk menyiapkan hewan qurban yang sesuai kualifikasi berdasarkan simpanan tabungan perorangan atau kelompok masyarakat.

Untuk usulan yang Ketiga (3), Partai yang berlambang Ka'bah ini, lewat Kementerian Agama mengajukan agar penentuan pelaksanaan Idul Adha 10 Djulhijah tidak boleh mendahului atau bersamaan dengan pelaksanaan Hari Arafah 9 Djulhijah di tanah suci. Hal ini mempunyai alasan karena, hari Arafah 9 Djulhijah atau saat pelaksanaan wuquf jamaah haji adalah waktu yang diterima oleh semua mazhab dan negara. Apalagi, zona waktu Indonesia selisih 3 atau 4 jam lebih dulu jatuh matahari daripada wilayah waktu zona Saudi Arabia.

Pada 2015 ini, sekarang terdapat lebih dari 2,3 juta umat muslim dari seluruh dunia dan sekitar 168 ribu jemaah asal Indonesia yang sedang menunaikan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi.

Sementara, acara yang di selenggarakan oleh DPP PPP kali ini, selain bagi warga sekitar, rencananya daging qur'ban juga akan dibagikan kepada warga korban penggusuran di sekitar Kampung Pulo dan Kelurahan Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan. "Panitia sengaja memilih kedua lokasi tersebut, selain dikenal sebagai daerah langganan banjir, kedua wilayah tersebut banyak dihuni oleh saudara-saudara kita yang miskin dan kurang mampu," jelas Sekretaris Panitia Qurban DPP PPP Sudarto, Kamis (24/9).

"Meskipun kecil, pembagian daging qurban diharapkan mampu memberi kontribusi pada upaya perbaikan gizi masyarakat, utamanya yang bersumber dari protein nabati," tambah Sudarto.

Bahkan, di Hari Raya Idul Adha ini, dalam jumpa persnya pada, Kamis, (24/9), Ketua Umum PPP, H. Djan Faridz mengatakan, "Dengan hari raya qurban ini kita tidak hanya memberikan kurban berupa hewan atau uang, tetapi kita juga bisa berqorban dengan doa," ungkapnya, saat di kantor pusat DPP PPP.

"Untuk qorban yang kita laksanakan, rencana dalam pemotongan hewan qurban sebanyak 25 ekor sapi yang diperuntukkan bagi 4.000 kupon penerima daging korban," tuturnya. Dari pihak PPP juga telah menyiapkan ribuan kantong berisi daging yang disediakan bagi mereka yang belum memiliki kupon untuk mengantisipasi warga yang datang tanpa kupon.

PeriIhal menanggapi dengan pecahnya PPP di tubuh PPP sendiri, Ketum H. Djan Faridz hanya santai, membiarkan mereka (kubu Romi), melakukan apa yang mereka mau. "Karena itu jelas-jelas melanggar hukum, bahkan sampai saat ini proses hukum masih tetap berjalan."

Selanjutnya dalam Pilkada nanti juga H. Djan Faridz tetap optimis akan mengantongi lebih dari 50% suara, terutama di tempat-tempat yang berbasis Islam terutama di Kalimantan, karena PPP juga telah menggandeng bersama Partai Gerindera.



 
   Berita Terkait > Hari Raya Qurban
 
  Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin: Semoga Qurban Ini Bisa Membantu Warga Terdampak Pandemi Covid-19
  Jelang Libur Hari Raya Idul Adha, Kakorlantas Polri Bersama Kapolda Banten Cek Kesiapan Operasional Pelabuhan Merak
  Muhammadiyah: Puasa Arafah Tetap Dilakukan, Salat Idul Adha di Rumah, dan Mengalihkan Kurban Menjadi Dana Dhuafa
  Khutbah Idul Adha di Masjid Al Azhar, Haedar Tekankan Pengamalan Intisari Surat Al-Ma'un
  Kapolda Metro Jaya Sholat Idul Adha di Masjid Al-Kautsar dan Berqurban Sapi Limosin
 
ads1

  Berita Utama
Mudik Lebaran 2024, Korlantas: 429 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan

Kapan Idul Fitri 2024? Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 10 April, Ini Versi NU dan Pemerintah

Refly Harun: 6 Ahli yang Disodorkan Pihak Terkait di MK Rontok Semua

PKB soal AHY Sebut Hancur di Koalisi Anies: Salah Analisa, Kaget Masuk Kabinet

 

ads2

  Berita Terkini
 
Pengemudi Mobil Plat TNI Palsu Cekcok dengan Pengendara Lain Jadi Tersangka Pasal 263 KUHP

Apresiasi Menlu RI Tidak Akan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Selain Megawati, Habib Rizieq dan Din Syamsuddin Juga Ajukan Amicus Curiae

TNI-Polri Mulai Kerahkan Pasukan, OPM: Paniai Kini Jadi Zona Perang

RUU Perampasan Aset Sangat Penting sebagai Instrument Hukum 'Palu Godam' Pemberantasan Korupsi

ads3
 
PT. Zafa Mediatama Indonesia
Kantor Redaksi
Jl. Fatmawati Raya No 47D Lt.2
Cilandak - Jakarta Selatan 12410
Telp : +62 21 7493148
+62 85100405359

info@beritahukum.com
 
Beranda | Tentang Kami | Partner | Disclaimer | Mobile
 
  Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com | V2