Beranda | Berita Utama | White Crime | Cyber Crime | EkBis | Opini | INDEX Berita
Eksekutif | Legislatif | Gaya Hidup | Selebriti | Nusantara | Internasional | Lingkungan
Politik | Pemilu | Peradilan | Perdata| Pidana | Reskrim
Gaya Hidup    
Pariwisata
Menpar Memberikan Penghargaan Uang Tunai Jutaan Rupiah dalam APWI 2018
2018-12-08 11:49:04
 

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat bersama para pemenang lomba APWI 2018.(Foto: BH /aida)
 
JAKARTA, Berita HUKUM - Menteri Pariwisata (Menpar) Republik Indonesia Arief Yahya memberikan penghargaan Anugerah Pewarta Wisata (APWI) 2018 kepada para pemenang lomba pewarta pariwisata dari media cetak (surat kabar dan majalah), media elektronik televisi dan media online, serta blogger di Balaiurang Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jumat (7/12) malam.

Pemberian penghargaan APWI 2018 tersebut sebagai bentuk apresiasi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kepada para pewarta pariwisata atas karya tulisan dan tayangan televisi terbaik mereka, khususnya seputar destinasi digital di Tanah Air. Sesuai dengan tema lomba APWI tahun ini yakni "Destinasi Digital".

"Destinasi digital menjadi salah satu program prioritas Kemenpar dalam meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia. Dari target 20 juta kunjungan wisman pada tahun depan (2019) diproyeksikan 50% adalah wisatawan millenial," kata Menpar Arief Yahya, Jumat (7/12).

Apresiasi yang diberikan dalam APWI 2018 bertujuan sebagai pemacu para pewarta pariwisata dalam membuat karya dalam tulisan atau tayangan yang menginformasi kepada wisatawan, tentang berbagai kegiatan yang terkait dengan unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksebilitas). Unsur 3A merupakan unsur penting dalam mendukung daya saing destinasi pariwisata. Apalagi di era digital saat ini, dimana kunjungan wisatawan didominasi dari generasi millennials.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Publik (Komblik) Kemenpar Guntur Sakti melaporkan bahwa, minat para insan pewarta pariwisata dalam mengikuti lomba APWI 2018 semakin meningkat dibandingkan tahun 2017 lalu. Tahun ini karya peserta yang terkumpul mencapai 3.279 karya, berupa artikel dan video terdiri atas majalah, surat kabar, media online, video dan blogger.

"Jumlah peserta APWI 2018 meningkat pesat. Bila pada APWI 2017 diikuti 876 karya peserta, tahun ini meningkat menjadi 3.279 karya peserta. Meningkatnya jumlah peserta tahun ini selain dipicu oleh total hadiahnya yang besar mencapai Rp300 juta, juga karena tema yang dilombakan menarik yakni Destinasi Digital yang menjadi trend di kalangan millennials," jelas Guntur Sakti.

Dewan juri APWI 2018 dari unsur pentahelix periwisata terdiri atas Wahyu Indrasto selaku Pemimpin Redaksi Majalah Eksekutif, yang menjadi Ketua Dewan Juri mewakili unsur media; Elly Hutabarat, Ketua ASEANTA Indonesia (Industri), Wahyu Aji, Ketua GNFI (Komunitas), Don Kardono, Staf khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media (Pemerintah), dan H Himawan Brahmantyo, Ketua Hildiktipari (Akademia).

Dewan juri telah memilih 3.279 karya yang lolos seleksi kemudian menetapkan 5 nominasi pemenang untuk masing-masing kategori, dan diumumkan sebagai juara I, II,dan III serta harapan 1 dan 2 untuk masing-masing kategori. Para pemenang akan mendapatkan hadiah trophy dan piagam penghargaan dari Menpar Arief Yahya, serta hadiah uang tunai.

Untuk masing-masing juara I (kategori: surat kabar, majalah, online) sebesar Rp12 juta; kategori blogger dan televisi masing-masing Rp10 juta dan 8 juta.

Juara II (kategori surat kabar, majalah online) Rp10 juta; sedangkan kategori blogger dan televisi masing-masing Rp8 juta dan Rp13 juta.

Juara III (kategori surat kabar, majalah online) sebesar Rp7 juta, sedangkan kategori blogger dan televisi masing-masing Rp6 juta dan Rp10 juta.

Sementara itu, untuk juara harapan I (kategori surat kabar, majalah, online) Rp7 juta, untuk kategori blogger dan televisi masing-masing Rp5 juta dan Rp8 juta. Juara harapan II (kategori surat kabar, majalah, online) Rp4 juta. Sedangkan kategori blogger dan televisi masing-masing Rp4 juta dan Rp 7 juta. Pemenang dari 5 kategori ini akan dipilih satu diantaranya sebagai "The best of the best" dengan hadiah uang sebesar Rp100 juta.

Selamat buat para pemenang.(bh/aida)




 
   Berita Terkait > Pariwisata
 
  Penurunan Pariwisata di Bali Berdampak Besar Terhadap Ekonomi Masyarakat
  Maksimalkan Potensi Pariwisata, Komisi IV DPRD Kaltim Studi Banding ke Jawa Barat
  Pak Jokowi, Pariwisata Indonesia Juga Semakin Gak Beres Nih
  Sensasi Menjelajah Lautan dengan De' Kartini
  Menpar Memberikan Penghargaan Uang Tunai Jutaan Rupiah dalam APWI 2018
 
ads1

  Berita Utama
Mudik Lebaran 2024, Korlantas: 429 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan

Kapan Idul Fitri 2024? Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 10 April, Ini Versi NU dan Pemerintah

Refly Harun: 6 Ahli yang Disodorkan Pihak Terkait di MK Rontok Semua

PKB soal AHY Sebut Hancur di Koalisi Anies: Salah Analisa, Kaget Masuk Kabinet

 

ads2

  Berita Terkini
 
Pengemudi Mobil Plat TNI Palsu Cekcok dengan Pengendara Lain Jadi Tersangka Pasal 263 KUHP

Apresiasi Menlu RI Tidak Akan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Selain Megawati, Habib Rizieq dan Din Syamsuddin Juga Ajukan Amicus Curiae

TNI-Polri Mulai Kerahkan Pasukan, OPM: Paniai Kini Jadi Zona Perang

RUU Perampasan Aset Sangat Penting sebagai Instrument Hukum 'Palu Godam' Pemberantasan Korupsi

ads3
 
PT. Zafa Mediatama Indonesia
Kantor Redaksi
Jl. Fatmawati Raya No 47D Lt.2
Cilandak - Jakarta Selatan 12410
Telp : +62 21 7493148
+62 85100405359

info@beritahukum.com
 
Beranda | Tentang Kami | Partner | Disclaimer | Mobile
 
  Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com | V2