Beranda | Berita Utama | White Crime | Cyber Crime | EkBis | Opini | INDEX Berita
Eksekutif | Legislatif | Gaya Hidup | Selebriti | Nusantara | Internasional | Lingkungan
Politik | Pemilu | Peradilan | Perdata| Pidana | Reskrim
EkBis    
Saham
Indofood Tingkatkan Saham di China Minzhong Menjadi 29,3%
Monday 11 Mar 2013 21:48:02
 

Presiden Direktur dan CEO Indofood, Anthoni Salim (Foto:ist)
 
JAKARTA, Berita HUKUM - PT Indofood Sukses Makmur Tbk (”Perseroan” atau ”Indofood”) dengan ini menyampaikan bahwa menyusul penyelesaian penyertaan modal oleh Perseroan di China Minzhong Food Corporation Limited (“CMFC”) yang telah dilakukan pad akhir Februari lalu, Perseroan telah meningkatkan kepemilikan sahamnya di CMFC dari semula sebesar 14,95% menjadi 29,33% dari seluruh saham yang dikeluarkan oleh CMFC, dengan melakukan pembelian saham milik Tetrad Ventures Pte Ltd melalui Bursa Efek Singapura sebanyak 94.245.382 saham pada harga SGD1,12 per lembar saham pada tanggal 28 Februari 2013.

Presiden Direktur dan CEO Indofood, Anthoni Salim mengatakan: ”Sebagai perusahaan Total Food Solutions yang terkemuka dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, kemampuan budidaya dan pengolahan yang terintegrasi dari CMFC secara strategis cocok untuk pengembangan usaha kami. Kami dapat memanfaatkan model bisnis, teknologi dan kompetensi mereka untuk memperkuat mata rantai pasokan dan mengembangkan portofolio produk kami. Kami percaya aliansi strategis ini akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.”

Menanggapi hal ini Executive Chairman dan CEO CMFC, Mr. Lin Guo Rong mengatakan: “Indofood dan CMFC telah mengidentifikasi berbagai potensi sinergi antara kedua perusahaan, seperti kerja sama strategis dalam mata rantai pasokan dan distribusi produk di pasar Cina dan Indonesia yang berkembang pesat. Pembelian saham CMFC oleh Indofood merupakan wujud kepercayaan terhadap prospek jangka panjang CMFC, dan aliansi strategis ini akan dapat memperluas pasar CMFC kedepannya dan membawa CMFC ke tahap berikutnya dalam pertumbuhan dan perkembangan.”

Sekilas Tentang PT Indofood Sukses Makmur Tbk

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood”) (BEI : INDF) adalah perusahaan Total Food Solutions yang terkemuka dengan kegiatan operasi yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar.

Indofood mengoperasikan empat Kelompok Usaha Strategis (Grup) yang saling melengkapi: Produk Konsumen Bermerek, kegiatan usaha Grup ini dilaksanakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“ICBP”), tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tanggal 7 Oktober 2010. ICBP merupakan salah satu produsen makanan dalam kemasan yang terkemuka di Indonesia yang memiliki berbagai jenis produk makanan dalam kemasan. Berbagai merek ICBP merupakan merek-merek yang terkemuka dan dikenal di Indonesia untuk makanan dalam kemasan.

Bogasari, memiliki kegiatan usaha utama memproduksi tepung terigu dan pasta. Agribisnis, kegiatan usaha Grup ini dijalankan oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk, dan PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk, keduanya tercatat di Bursa Efek Indonesia dan merupakan anak perusahaan Indofood Agri Resources Ltd., tercatat di Bursa Efek Singapura. Kegiatan usaha utama Grup ini meliputi penelitian dan pengembangan, pembibitan kelapa sawit, pemuliaan, termasuk juga penyulingan, branding, serta pemasaran minyak goreng, margarin dan shortening. Di samping itu, kegiatan usaha grup ini juga mencakup pemuliaan dan pengolahan karet dan tebu serta tanaman lainnya.

Distribusi, memiliki jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia. Grup ini mendistribusikan hampir seluruh produk konsumen Indofood dan anak-anak perusahaannya serta berbagai produk pihak ketiga.

Tentang China Minzhong Food Corporation Limited

CMFC (Bloomberg stock: MINZ SP) merupakan pemain terkemuka dalam industri pengolahan sayuran di Republik Rakyat Cina (“PRC”) yang terintegrasi. Beroperasi sejak tahun 1971, CMFC memiliki tujuh lokasi yang menjadi basis budidaya di PRC dan mendistribusikan produk ke lebih dari 26 negara di seluruh dunia.

Produk utama mereka meliputi sayuran segar dan lebih dari 100 jenis sayuran olahan termasuk air-dried, freeze-dried, fresh-packed and brined products. Produk-produk CMFC telah mendapatkan sejumlah penghargaan dan sertifikasi nasional dan internasional, termasuk ISO22000 (mencakup standar HACCP) dan ISO 9001, sebagai sebuah bentuk pengakuan terhadap jaminan atas kualitas produk yang dihasilkan. Sayuran segar organic CMFC juga telah mendapatkan sertfikasi BCS Oko-Garantie GmbH, sebuah badan sertifikasi di Jerman dalam bidang sertifikasi standar organik yang diakui oleh Uni Eropa.

Sejak sahamnya tercatat di SGX-ST pada bulan April 2010, CMFC selama tiga tahun berturut-turut terus mencatatkan pertumbuhan laba dan memperluas area perkebunannya hingga lebih dari 2 kali lipat. Saat ini, CMFC sedang memperluas model perkebunan industri climate-controlled di PRC dan meningkatkan kapasitas produksi di fasilitas kawasan industri di wilayah Propinsi Fujian, PRC. (bhc/rls/rat)



 
   Berita Terkait > Saham
 
  Indofood Tingkatkan Saham di China Minzhong Menjadi 29,3%
 
ads1

  Berita Utama
Mengapa Dulu Saya Bela Jokowi Lalu Mengkritisi?

Mudik Lebaran 2024, Korlantas: 429 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan

Kapan Idul Fitri 2024? Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 10 April, Ini Versi NU dan Pemerintah

Refly Harun: 6 Ahli yang Disodorkan Pihak Terkait di MK Rontok Semua

 

ads2

  Berita Terkini
 
Mengapa Dulu Saya Bela Jokowi Lalu Mengkritisi?

5 Oknum Anggota Polri Ditangkap di Depok, Diduga Konsumsi Sabu

Mardani: Hak Angket Pemilu 2024 Bakal Bikin Rezim Tak Bisa Tidur

Hasto Ungkap Pertimbangan PDIP untuk Ajukan Hak Angket

Beredar 'Bocoran' Putusan Pilpres di Medsos, MK: Bukan dari Kami

ads3
 
PT. Zafa Mediatama Indonesia
Kantor Redaksi
Jl. Fatmawati Raya No 47D Lt.2
Cilandak - Jakarta Selatan 12410
Telp : +62 21 7493148
+62 85100405359

info@beritahukum.com
 
Beranda | Tentang Kami | Partner | Disclaimer | Mobile
 
  Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com | V2