Beranda | Berita Utama | White Crime | Cyber Crime | EkBis | Opini | INDEX Berita
Eksekutif | Legislatif | Gaya Hidup | Selebriti | Nusantara | Internasional | Lingkungan
Politik | Pemilu | Peradilan | Perdata| Pidana | Reskrim
Eksekutif    
MUI
Wapres Ma'aruf Amin Buka Multaqo, FGD dan Rakornas LSBPI MUI
2022-08-03 13:07:53
 

Wapres RI Ma'ruf Amin.(Foto: Istimewa)
 
JAKARTA, Berita HUKUM - Multaqo, FGD, dan Rakornas LSBPI MUI 2022 secara resmi telah dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin pada Selasa, 2 Agustus 2022.

Kiai Ma'ruf Amin berharap Multaqo Seniman dan Budayawan Muslim se-Indonesia, Focus Group Discussion (FGD) Road to Kongres Kebudayaan Umat, dan Rakornas LSBPI MUI bisa menjadi sinergi bangsa dan budayawan Muslim dapat menciptakan karya yang membentengi bangsa dari budaya destruktif.

"Dalam multaqo ini saya berharap tercipta sinergi antarseniman dan budayawan Muslim untuk membentengi bangsa ini dari budaya-budaya destruktif. Sekaligus tercipta kekuatan kreatif yang melahirkan gagasan-gagasan dan karya-karya yang positif bagi bangsa ini," kata Wapres Ma'ruf saat membuka "Multaqa Seniman dan Budayawan Muslim Se-Indonesia, FGD dan Rakornas Lembaga Seni Budaya Peradaban Islam (LSBPI) Majelis Ulama Indonesia (MUI)" secara virtual, Selasa, (02/08)

Dalam kesempatan itu, Kiai Ma'ruf juga menyampaikan hadis Nabi yang diriwayatkan Bukhari-Muslim.

Dalam hadis tersebut, lanjut Kiai Ma'ruf, Nabi meminta Hasan bin Tsabit ra. agar merangkai syairnya untuk menumbangkan kepongahan para penyair musyrikin yang saat itu sangat gencar menghina dan melecehkan Allah dan Rasul-Nya.

Menurutnya, ini bukan hanya penghargaan dari Rasulullah untuk Hasan bin Tsabit, namun juga doa dari Nabi untuk semua penyair, sastrawan, seniman, dan budayawan muslim yang menulis dan menciptakan karyanya untuk membela Allah dan Rasul-Nya serta membela kebajikan dan kebenaran.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan bahwa kebudayaan Indonesia saat ini dihadapkan pada pusaran arus globalisasi yang sangat dinamis dan multi dimensional. Meski demikian, Indonesia tidak memerlukan "revolusi kebudayaan", tetapi membutuhkan "strategi kebudayaan" untuk bisa bertahan.

"Ketahanan kultural paling kokoh adalah yang bersumber dari pandangan hidup, akidah dan way of life yang kita yakini, yaitu ajaran dan nilai-nilai agama. Jangan kita menjadi bangsa yang terombang-ambing dalam arus perubahan, menjadi bangsa yang rapuh dan kehilangan kepribadian di tengah pusaran budaya global, kata Wamenag.

Wamenag juga mengajak para seniman dan budayawan muslim kontemporer agar semakin berperan dan memberi sumbangsih nyata untuk memperkuat sendi-sendi ketahanan nasional dari aspek ketahanan seni dan budaya.

Serta, mengisi kekosongan dakwah dan mengawal modernisasi dengan mengedepankan nilai-nilai universal Islam sebagai pembawa rahmat bagi alam semesta.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno berharap para seniman dan budayawan bisa berkontribusi meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Harapannya dapat memberikan kontribusi pada penciptaan lapangan kerja serta peningkatan ekonomi masyarakat," ucap Sandiaga dalam sambutannya.

Selain itu, dia juga menyatakan bahwa pihaknya siap untuk bekerjasama dengan Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam (LSBPI) Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk meningkatkan kemampuan para seniman dan budayawan di Indonesia.

"Kami siap bekerjasama dengan MUI untuk melakukan Upskilling, Reskilling, dan Newskilling sehingga program pemerintah tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu dengan semagat 3G Garcep (gerak cepat), Geber (Gerak bersama) dan Gaspol (garap semua potensi online)," kata Sandiaga.

Selain itu, dia juga menyatakan bahwa pihaknya siap untuk bekerjasama dengan Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam (LSBPI) Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk meningkatkan kemampuan para seniman dan budayawan di Indonesia.

"Kami siap bekerjasama dengan MUI untuk melakukan Upskilling, Reskilling, dan Newskilling sehingga program pemerintah tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu dengan semagat 3G Garcep (gerak cepat), Geber (Gerak bersama) dan Gaspol (garap semua potensi online)," kata Sandiaga.

Acara pembukaan Multaqa' ini dihadiri sejumlah tokoh nasional dari kalangan pejabat pemerintah, ulama, seniman, penyair maupun budayawan, baik secara daring maupun luring.

Selain itu, hadir pula Ketua MUI Bidang Seni Budaya dan Peradaban Islam, KH Jeje Zaenuddin dan Ketua LSBPI MUI, KH Habiburrahman El Shirazy.(bh/na)



 
   Berita Terkait > MUI
 
  Wapres Ma'aruf Amin Buka Multaqo, FGD dan Rakornas LSBPI MUI
  LSBPI MUI Gelar Multaqo, FGD dan Rakornas
  Ahmad Basarah: Polemik Pembubaran MUI Sebaiknya Dihentikan
  Tuduh MUI dan Anies Teroris, Anda Waras?
  HNW: Tolak Terorisme, Dukung Eksistensi MUI
 
ads1

  Berita Utama
Polda Metro Jaya - Bea dan Cukai Bandara Soetta Gagalkan Ekspor Biji Kokain Kemasan Boneka Jari

Biaya Kereta Cepat Membengkak, Wakil Ketua MPR: Saatnya Evaluasi Proyek-proyek Mercusuar

Cokok Tersangka Korupsi Krakatau Steel, Pengamat Yakin Jaksa Agung Sapu Bersih Koruptor BUMN

30 Tersangka Kasus Mafia Tanah Berhasil Ditangkap, Kapolda Metro Ungkap Modus Operandi

 

ads2

  Berita Terkini
 
Peringati HDKD ke-77, Lapas Salemba Gelar Baksos Membersihkan Masjid As-Salam BPOM RI

Apresiasi Komitmen Pengusutan Kasus Brigadir J, HNW: Demi Keadilan Hukum, Harusnya Demikian Juga Untuk Kasus KM 50

Amien Rais: Partai UMMAT Siap Jadi Peserta Pemilu 2024

Hendardi Sebut Kapolri Lulus Ujian Terberat atas Penetapan Ferdy Sambo sebagai Tersangka Utama Kasus Brigadir J

Kapolri Umumkan Irjen Ferdy Sambo sebagai Tersangka 'Aktor Utama' Kasus Dugaan Pembunuhan Berencana Brigadir J

ads3
 
PT. Zafa Mediatama Indonesia
Kantor Redaksi
Jl. Fatmawati Raya No 47D Lt.2
Cilandak - Jakarta Selatan 12410
Telp : +62 21 7493148
+62 85100405359

info@beritahukum.com
 
Beranda | Tentang Kami | Partner | Disclaimer | Mobile
 
  Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com | V2