Beranda | Berita Utama | White Crime | Cyber Crime | EkBis | Opini | INDEX Berita
Eksekutif | Legislatif | Gaya Hidup | Selebriti | Nusantara | Internasional | Lingkungan
Politik | Pemilu | Peradilan | Perdata| Pidana | Reskrim
Peradilan    
Kasus Pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen
MA Segera Putuskan PK Antasari
Friday 27 Jan 2012 02:19:05
 

Antasari Azhar saat membacakan memori PK yang diajukan di PN Jakarta Selatan (Foto: BeritaHUKUM.com/RIZ)
 
JAKARTA (BeritaHUKUM.com) – Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin Andi Tumpa memastikan segera memutuskan permohonan peninjauan kembali (PK) yang diajukan terpidana perkara pembunuhan Dirut PT Putra Rajawali Banjaran (PRB) Antasari Azhar. Putusan itu diperkirakn dikeluarkan pada Febuari nanti, sebelum dirinya pensiun pada 1 Maret mendatang.

"Kalau tidak ada halangan, pertengahan Februari, usai pemilihan ketua baru MA. Bahkan, mungkin akan berbarengan dengan putusan PK kasus cessie Bank Bali senilai Rp 548 miliar," kata Harifin Tumpa kepada wartawan, disela acara seminar di Jakarta, Kamis (26/1).

Harifin mengakui bahwa dirinya menjadi ketua dalam majelis hakim PK tersebut. Dua anggota majelis hakim sudah membaca dalil dakwaan penuntut umum dan pembelaan kasus yang melibatkan mantan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu. Tapi pihaknya masih menyusun pertimbangan hukum terkait vonis yang akan dijatuhkan.

“Saya masih sibuk dengan rutinitas menjelang pensiun. Makanya, putusan baru akan selesai pada pekan kedua Febuari mendatang. Saya yang memimpin persidangannya dan pastikan vonis akan diputus sesuai jadwal," ungkap Harifin.

Sementara itu, kuasa hukum Antasari, Maqdir Ismail menyatakan pihaknya sangat senang mendengar dengan janji Ketua MA Harifin Tumpa itu. Pihaknya pun berharap PK adalah langkah terakhir yang bisa membawa harapan untuk bebasnya Antasari.

Namun dirinya tidak mau berkomentar lebih jauh, karena belum melihat kecenderungan putusan. Tapi jika ada bukti-bukti baru diharapkan ini bisa berjalan sesuai dengan rencana untuk memvonis bebas Antasari. "Sampai sekarang saya belum tahu kabar hasil putusannya seperti apa,” tandas dia.

Menurut Maqdir, PK merupakan langkah awal untuk bisa mengungkap dalang pembunuhan Nasrudin. Dirinya bersama tim tidak akan terburu-buru dalam mengambil langkah hukum berikutnya. "Kami hanya akan menunggu seperti apa putusan PK itu, karena upaya hukum itu sudah berakhir. Jika sudah ada putusan, kami baru akan tentukan langkah berikutnya," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sidang PK terpidana Antasari Azhar telah digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada 6 September 2011 lalu. Antasari sedikitnya membeberkan lima bukti baru (novum). Temuan baru yang dijadikan dasar pengajuan PK, karena majelis hakim kasasi dinilainya melakukan kekhilafan dalam membuat putusan .

Bukti baru itu antara lain, foto-foto sebanyak 28 lembar. Foto-foto itu merupakan gambar-gambar kepala jenazah Nasrudin Zulkarnaen yang tidak pernah dijadikan barang bukti oleh kejaksaan. Dari foto-foto itu, juga terlihat bahwa kondisi jenazah sudah dimanipulasi sebagaimana dijelaskan juga oleh ahli forensik Mun'im Idris.

Rekayasa tersebut membuat manipulasi fakta dan mendorong hakim keliru menjatuhkan vonis bersalah kepada Antasari. Rekayasa jenazah tersebut dilakukan antara penyidik dengan tim forensik Polri. Hal ini mengutip saksi dari dokter RSCM, Munim Idris. Jenazah Nasrudin diberikan ke RSCM dalam kondisi sudah tidak tersegel, bekas luka telah terjahit dan sudah tidak memakai baju.

Antasari juga membeberkan alasan utama pengajuan PK atas kasusnya tersebut dapat dilihat dari alat komunikasinya dan korban. Korban mendapat luka tembak pada pelipis sebelah kiri dan belakang sebelah kiri, dan tidak pernah ada SMS (pesan singkat) dari Antasari kepada almarhum yang isinya ancaman. Dalam penyadapan mulai Januari-Maret 2009, juga dibuktikan tidak ada SMS yang berasal dari terpidana Antasari.

Perlu diketahui, Antasari mengajukan memori PK setelah MA menolak kasasi yang diajukannya tersebut. Mantan Ketua KPK yang kini menghuni penjara di LP Klas I Tangerang, memasukan memori PK ke PN Jakarta Selatan per tanggal 14 Agustus 2011. Sebelumnya, majelis hakim PN Jakarta Selatan yang diketuai Herry Swantoro memvonis Antasari dengan 18 tahun penjara, karena terbukti terlibat dalam pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen.

Selanjutnya, di tingkat banding, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memperkuat hukuman Antasari Azhar dengan 18 tahun penjara, karena dinilai sah dan menganjurkan pembunuhan berencana terhadap Nasruddin Zulkarnaen. Upaya hukum Antasari berupa kasasi pun tidak berbuah hasil lantaran MA menolak permohonan kasasinya dan tetap divonis 18 tahun penjara. (dbs/wms/bie)



 
   Berita Terkait > Kasus Pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen
 
  Pengacara Antasari: Putusan PK Mahkamah Agung Janggal
  Kubu Antasari Belum Tentukan Langkah Lanjutan
  MA Tolak Permohonan PK Antasari Azhar
  MA Segera Putuskan PK Antasari
  MA Diminta Putuskan PK Antasari Secara Objektif
 
ads1

  Berita Utama
Mengapa Dulu Saya Bela Jokowi Lalu Mengkritisi?

Mudik Lebaran 2024, Korlantas: 429 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan

Kapan Idul Fitri 2024? Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 10 April, Ini Versi NU dan Pemerintah

Refly Harun: 6 Ahli yang Disodorkan Pihak Terkait di MK Rontok Semua

 

ads2

  Berita Terkini
 
Oknum Notaris Dilaporkan ke Bareskrim Polri atas Dugaan Penggelapan Dokumen Klien

Kuasa Hukum Mohindar H.B Jelaskan Legal Standing Kepemilikan Merek Polo by Ralph Lauren

Dewan Pers Kritik Draf RUU Penyiaran: Memberangus Pers dan Tumpang Tindih

Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kasus Senior STIP Jakarta Aniaya Junior hingga Meninggal

Mengapa Dulu Saya Bela Jokowi Lalu Mengkritisi?

ads3
 
PT. Zafa Mediatama Indonesia
Kantor Redaksi
Jl. Fatmawati Raya No 47D Lt.2
Cilandak - Jakarta Selatan 12410
Telp : +62 21 7493148
+62 85100405359

info@beritahukum.com
 
Beranda | Tentang Kami | Partner | Disclaimer | Mobile
 
  Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com | V2