Beranda | Berita Utama | White Crime | Cyber Crime | EkBis | Opini | INDEX Berita
Eksekutif | Legislatif | Gaya Hidup | Selebriti | Nusantara | Internasional | Lingkungan
Politik | Pemilu | Peradilan | Perdata| Pidana | Reskrim
Eksekutif    
Telekomunikasi
Trafik Liburan Natal, Telkomsel, XL dan Indosat Naik, Telkom Turun
Thursday 27 Dec 2012 18:47:02
 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Gatot S. Dewa Broto (Foto: Ist)
 
JAKARTA, Berita HUKUM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan, berdasarkan hasil pemantauan pada data trafik telekomunikasi selama libur Natal pada 22-25 Desember lalu, terjadi kenaikan trafik komunikasi pada hampir semua operator telekomunikasi, terkecuali pada PT. Telkom yang mengalami penurunan.

“Khusus untuk menjelang Tahun Baru 2013 ini seluruh penyelenggara telekomunikasi terus tetap melakukan kesiap siagaannya dengan tujuan untuk tetap menjaga kualitas layanan telekomunikasi, karena pada saat terjadinya pergantian tahun tersebut diperkirakan yang lebih banyak digunakan adalah layanan komunikasi data dengan kebutuhan bandwidth yang cukup signifikan,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Gatot S. Dewa Broto, dalam siaran pers Rabu (26/12).

Mengutip data secara random (yang diambil dari PT Telkomsel, PT Indosat, PT Telkom dan PT XL Axiata), rincian data berikut konsentrasi peningkatan trafik komunikasi pengguna Telkomsel adalah sebagai berikut: a. Peningkatan trafik voice tertinggi terjadi di wilayah Jawa Barat, dengan lonjakan trafik hingga 5% dari hari normal; b. Peningkatan trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur (lonjakan trafik hingga 52.63% dari hari normal); dan c. Peningkatan trafik data tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah, (lonjakan trafik hingga 47% dari hari normal).

Adapun data dari PT XL Axiata adalah sebagai berikut: a . Selama jelang Natal dan Natal tahun 2012 untuk trafik layanan suara relatif stabil dan mengalami peningkatan, sementara l ayanan data justru mengalami peningkatan yang paling signifikan mencapai sekitar 11,8%.

Adapun trafik layanan SMS relatif tidak mengalami peningkatan, yang bisa diartikan bahwa pelanggan mulai banyak beralih memanfaatkan layanan data / social media seperti facebook, twitter dan media sos ial lainnya dalam berkomunikasi atau menyampaikan pesan Natal.

“Konsentrasi peningkatan trafi k terjadi secara merata di berbagai wilayah dan kota diantaranya di Kota Bogor, Jayapura, Kendari, Tebing Tinggi Deli, Jakarta dan lain sebagainya,” jelas Gatot.

Khusus untuk data dari PT Indosat adalah sebagai berikut. a. Untuk layanan suara mengalami kenaikan sebesar 4 , 21% dibandingkan kondisi normal harian di tahun 2012, dan juga naik sebesar 21,18% dibandingkan H-1 sebelum Natal tahun 2011; b. Untuk pengiriman SMS mengalami kenaikan sebesar 9,28% dibandingkan kondisi harian dan juga naik sebesar 10,46% dibanding H-1 Natal tahun yang lalu; c. Konsentrasi kenaikan trafik layanan telekomunikasi adalah yang ke arah Kalimantan (31 , 63%), Sumatera Selatan (25 , 50%), dan Jawa Timur (2 , 86%) dan kenaikan trafik SMS yang paling signifikan adalah di daerah Sumatera Selatan (35 , 72%), Kalimantan (23 , 15%), dan Jawa Timur (11 , 51%) .

Sementara data dari PT Telkom menunjukkan kenaikan trafik (trafik suara secara nasional mengalami penurunan dari 18,7 juta call menjadi 17,3 juta call per hari atau 8% , trafik SMS mengalami penurunan dari 20,3 juta SMS menjadi 19 juta SMS per hari atau 6% , dan trafik data mengalami kenaikan dari 28,8 terabyte menjadi 31,8 terabyte per hari atau 11%.

“Konsentrasi wilayah kenaikan rafik (kenaikan trafik suara terjadi di beberapa kota, yaitu di Jawa Barat seperti Cianjur, Tasikmalaya dan Sukabumi, kemudian Jawa Tengah seperti Solo, Tegal, Magelang, dan Jawa Timur seperti Pasuruan, Banyuwangi, dan Situbondo.

Sedang kenaikan trafik SMS terjadi di Jawa Barat seperti Cianjur, Sukabumi, kemudian Jawa Tengah seperti Magelang, Tegal, dan Kudus, serta Jawa Timur seperti Banyuwangi, Bojonegoro dan Nganjuk, lalu juga di Denpasar dan Ambon ; berikut kenaikan trafik data terjadi di kota-kota Banda Aceh, Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar,” sebut Gatot.

Kementerian Kominfo mengingatkan para penyelenggara telekomunikasi untuk tetap menjaga kualitas layanan telekomunikasi pada saat Pergantian Tahun Baru Tahun 2012 ke 2013.(hkk/wid/es/skb/bhc/rby)



 
   Berita Terkait > Telekomunikasi
 
  Kesenjangan Digital Masih Tinggi, Wakil Ketua MPR: Perlunya Kolaborasi dan Akselerasi Kinerja Digital
  Kemenkominfo Imbau Masyarakat Beli STB Seperti Ini, Biar Aman
  Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box, Ternyata Ini Caranya
  Ngebreak Pakai Radio Amatir Ayahnya, Gadis 8 Tahun Berhasil Jalin Kontak dengan Astronot NASA di ISS
  Perkuat Internet, Kominfo Siapkan Mitigasi Lewat Hot Backup Satellite
 
ads1

  Berita Utama
Bareskrim Polri Rilis Pemulangan DPO Peredaran Gelap Narkoba 179 Kg Sabu dari Malaysia, AA Juga Ternyata Pedagang Ikan

Polri dan Bea Cukai Teken PKS Pengawasan Lalu Lintas Barang Masuk RI, Cegah Kejahatan Transnasional

Bentrok TKA China di Morowali, Komisi VII Minta Izin PT GNI Dicabut

Kuota Haji 2023 Sebanyak 221 Ribu, Tidak Ada Pembatasan Usia

 

ads2

  Berita Terkini
 
LKPP Terima Pengaduan WAKOMINDO Terkait Diskriminasi Kerjasama Media di Pemerintahan Daerah

Polisi Bongkar Pabrik Pil Ekstasi di Kawasan Padat Penduduk Johar Baru Jakarta Pusat

Gempa Mematikan 7,8 SR di Turki dan Suriah, Total Korban Meninggal Sedikitnya 3.500 Orang

Legislator Mengkritik Tidak Tercantumnya Nama Habibie dalam Lini Masa Perkembangan Riset Nasional di Kantor BRIN

Jumlah Penduduk Miskin Hanya Berkurang 220 Ribu, Penanganan Kemiskinan Stagnan

ads3
 
PT. Zafa Mediatama Indonesia
Kantor Redaksi
Jl. Fatmawati Raya No 47D Lt.2
Cilandak - Jakarta Selatan 12410
Telp : +62 21 7493148
+62 85100405359

info@beritahukum.com
 
Beranda | Tentang Kami | Partner | Disclaimer | Mobile
 
  Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com | V2